Friday, January 06, 2017


GARUT, (MO).- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menerima program yang digulirkan pemerintah pusat yakni Program Sanitasi Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk mengantisipasi kerawanan air bersih di setiap daerah Garut.
“Pamsimas ini merupakan program yang digulirkan oleh pemerintah pusat untuk antisipasi kerawanan air bersih,” kata Kepala Bidang Pengairan Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Garut, Satria Budi kepada wartawan, Minggu (18/12/2016).
Ia menuturkan, program pencegahan kerawanan air menjadi perhatian pemerintah pusat, provinsi bahkan pemerintah daerah Garut melalui berbagai upayanya.
Terutama, lanjut dia, pada musim kemarau ketersediaan air harus tetap terjaga dengan baik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.
“Salah satu program yang telah disiapkan untuk mengantisipasi kerawanan air bersih adalah program Pamsimas,” katanya.
Ia menjelaskan, program pemerintah pusat itu akan dikelola langsung oleh masyarakat, sedangkan pemerintah daerah hanya memfasilitasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaannya.
“Pemkab Garut dalam hal ini Dinas Tata Ruang dan Pemukiman hanya memfasilitasi masyarakat dari mulai perencanaan pelaksanaan, pengawasan, serta pembangunan infrastruktur Pamsimas,” katanya.
Ia menambahkan, syarat daerah mendapatkan program Pamsimas tersebut yaitu desa yang sudah memiliki sumber mata air, pemerintahan desa memiliki sasaran pelayanan air, dan memiliki keseriusan dengan memiliki badan hukum.
Aturan yang ditetapkan itu, kata dia, maka program tersebut tentunya akan berjalan baik dan tepat sasaran untuk memenuhi kebutuhan air warga di desanya.
“Diharapkan saat program Pamsimas diserahkan atau dikelola, sudah tidak tergantung lagi pada pemerintah,” katanya.(gus)

Author:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini jika kalian suka silahkan share. Artikel saya yang berjudul Garut Terima Program Pamsimas Antisipasi Kerawanan Air. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, atau meletakan artikel ini sebagai tulisan anda mohon sertakan sumber link asli.

Bagaimana Tanggapan Anda
Comments
0 Comments

0 Comments

Silahkan isi Komentar Anda disini