Saturday, April 04, 2020

Informasi yang viral dari grup WhatsApp

Cengos.in - Beredar informasi viral di grup whatsapp di akhir-akhir ini setelah adanya informasi dari Presiden Jokowi memberikan gratis pembayaran kepada pelanggan 450 VA dan diskon 50% bagi pelanggan 900 VA.

Hingga kini pesan tersebut masih beredar di WhatsApp dan menjadi pertanyaan banyak pihak.

Seperti dilansir dari Kompas.com, juru Bicara PLN UID Jaya Pelaksana Harian Senior Manager (PLH SRM) General Affairs, Suparyanto melalui Humas PLN, Dita Artsana menjelaskan soal kabar tersebut.

Dalam pesan tersebut, kode-kode itu terdiri dari R1, R1T, R1M, dan R1MT.

Berikut bunyi pesan tersebut:

Harap di cermati Pelanggan yang dapat gratis dan ngga :
Yg dapat gratis dan diskon :

1. R1/450 VA (gratis)
2. R1T/450 VA (gratis)
3. R1/900 VA (diskon)
4. R1T/900 VA (diskon)

Yg tidak dapat diskon :
1. R1M/900 VA
2. R1MT/900 VA

Jd kalo ada pertanyaan “Saya dapat diskon gak?”, jawabannya adalah “Silahkan dicek di struk pembayaran rekening terakhir atau pembelian pulsa terakhir”.

Kalo masuk 2 tarif diatas berarti gak dapat diskon.

R1 M = mampu 

Penjelasan PT PLN (Persero)
Menanggapi adanya pesan tersebut, Juru Bicara PLN UID Jaya Pelaksana Harian Senior Manager (PLH SRM) General Affairs, Suparyanto melalui Humas PLN, Dita Artsana mengungkapkan, informasi kode dalam pesan yang beredar luas tersebut adalah benar.

"Betul, kode tersebut dari PLN," ujar Dita saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/4/2020).

Menurutnya, kode R1 berarti rumah tangga yang menggunakan metode pascabayar, R1M artinya rumah tangga yang mampu (tidak bersubsidi), R1MT artinya rumah tangga mampu dan menggunakan token.

Kemudian untuk kode R1T artinya rumah tangga yang menggunakan metode token.

Ia menjelaskan, proses keringanan biaya ini diharapkan akan tuntas dalam sepekan ke depan.

"Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya," ujar Zulkifli dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com pada Rabu (1/4/2020).




Author:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini jika kalian suka silahkan share. Artikel saya yang berjudul Viral info PLN Diskon dan Gratis kode R1, R1t R1M, dan R1MT, Begini Penjelasan PLN. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, atau meletakan artikel ini sebagai tulisan anda mohon sertakan sumber link asli.

Bagaimana Tanggapan Anda
Comments
0 Comments

0 Comments

Silahkan isi Komentar Anda disini