Thursday, April 14, 2016


Jakarta - Anggota Komisi V DPR, M Nizar Zahro meminta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengkaji ulang soal rekrutmen pendamping desa yang minimal berpendidikan SMP. Oleh karena itu, Nizar menyarankan libatkan Pemerintah Daerah dalam prosesnya.

Karena menurut dia, adanya laporan pemerintah provinsi dan kabupaten di Jawa Timur jadi bahan evaluasi bahwa seorang pendamping desa memiliki kemampuan melebihi kepala desa maupun Badan Pemberdayaan Desa (BPD).

"Walaupun kita tahu syarat untuk menjadi kepala desa itu hanya SMP. Tapi kalau pendamping desa juga SMP, bagaimana dia merencanakan proses anggaran, melaksanakan dan mempertanggungjawabkan," kata Nizar di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan Pemerintah Daerah di Jawa Timur ini tidak dilibatkan dalam proses rekrutmen pendamping desa yang dilakukan oleh Kementerian Desa pimpinan Marwan Ja'far itu, sehingga Pemda tak bisa menentukan kemampuan pendamping desa tersebut.

"Mereka di daerah tidak berdaya untuk menentukan bahwa orang ini bagus, ini tidak bagus. Betul pendaftarannya online, tapi yang kami sayangkan, orang yang diterima kemampuannya di bawah rata-rata," ujarnya.

Maka dari itu, Nizar meminta proses rekrutmen harus melibatkan pemerintah daerah bahkan diberikan penuh untuk memilih dan menentukan kriteria pendamping desa. Kemudian, Kementerian Desa perlu melakukan evaluasi menyeluruh.


"Untuk Jawa dan Sumatera saya kira mencari seorang pendamping desa lulusan SMA atau sarjana masih banyak lah. Terakhir, mandat itu harus diberikan penuh pada pemerintah provinsi dan kabupaten, karena mereka yang tahu potensi pendamping desa. Kementerian jangan ngambil semua," tandasnya.[ris]

Author:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini jika kalian suka silahkan share. Artikel saya yang berjudul DPR: Pendamping Desa Rekrutan Marwan Masih Rendah. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, atau meletakan artikel ini sebagai tulisan anda mohon sertakan sumber link asli.

Bagaimana Tanggapan Anda
Comments
0 Comments

0 Comments

Silahkan isi Komentar Anda disini